Harvesting free energy from the atmosphere  
 
Konsep “humidity” atau kelembaban seringkali disalahmengerti. Hal ini disebabkan oleh laporan cuaca yang umum menggunakan kata kelembaban yang mengacu pada tingkat kenyamanan lingkungan alam udara terbuka. Namun pernyataan ini tidak sepenuhnya benar.
Secara teknis, kelembaban terbagi dalam 2 macam, yaitu Kelembaban relatif (%) dan kelembaban absolut (g/kg of dry air). Pengertian yang tepat atas kedua istilah ini dapat membantu mengevaluasi apakah udara yang disuplai menimbulkan masalah pada ruang kerja anda.
Dalam workspace cooling, humidity build-up menjadi hal penting dan perlu diperhatikan pada udara suplai yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada para pekerja atau efek merugikan kepada produk yang dihasilkan. Kami akan berupaya menjelaskannya pada bagian “Bagaimana mencegah humidity build-up”.
 

Kelembaban Relatif (RH) dalam % adalah rasio jumlah uap air yang terkandung dalam udara dengan jumlah uap air maksimal yang dapat ditampung oleh udara tersebut pada tekanan dan temperatur yang sama.

Kelembaban Absolut (AH) dalam g/Kg of dry air adalah massa uap air dalam satuan unit volume udara. Ini adalah pengukuran uap air yang terkandung dalam udara.

 
Psychrometric chart pada sisi kanan memberikan pemahaman lebih baik atas kedua istilah humidity yang dipakai. Sebagai contoh sebuah situasi udara disejukkan dari titik A ke B, temperature akan turun dari 33.5 °C menjadi 27.9 °C dan Kelembaban Relatif (RH) meningkat dari 58% menjadi 89%.
Peningkatan RH ini perlu diwaspadai. Namun, jika melihat peningkatan Kelembaban Absolut (AH) yang disebut juga sebagai moisture content, peningkatannya hanya 2.3 g/Kg (dari 20.0 menjadi 23.5 g/Kg). Peningkatan moisture content dapat dikategorikan kecil mengingat ketika terjadi hujan, peningkatan moisture content lebih besar dari tingkat ini untuk iklim wilayah Asia Tenggara.
Hal yang terpenting adalah peningkatan moisture content tidak boleh terakumulasi dan terus meningkat di dalam ruang kerja. Pokok masalah ini akan didiskusikan lebih lanjut pada section “Bagaimana mencegah humidity build-up”.